Minggu, 21 Desember 2014

KOMUNITAS MAHASISWA DAN PEMUDA PEMERHATI KARAMABURA DOMPU TIMUR (KOMPAK-DT)

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS
KOMUNITAS MAHASISWA DAN PEMUDA PEMERHATI KARAMABURA DOMPU TIMUR (KOMPAK-DT)
Periode: 2008/2010 M

Tema: Rekonstruksi Gerakan dan Paradigma Masyarakat Menuju Kehidupan yang Berkeadilan

A.    PEMBUKAAN

Assalamu alaikum wr.wb.
Alhamdulillah hirobbil aalamin.
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang selalu meridhoi segala bentuk aktifitas keseharian kita.Dengan Rohmat dan pertolongan Allah jualah sehingga kita bisa berkumpul dan bermuwajahah di tempat yaang dianggap sederhana ini, namun aktivitas yang kita lakukan pada hari ini cukup sakral.
Sholawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan alam yaitu Nabi Muhammad SAW, sang Revolusioner sejati yang mampu merubah peradaban dunia ini, dari peradaban yang penuh dengan kejumudan, degradasi moral menuju peradaban Islam.
Apresiasi dan ucapan terima kasih yang tak terbilang atas presensi rekan-rekan Mahasiswa dan Pemuda yang terkafer dalam KOMPAK-DT dalan acara MUBES pada hari ini serta saya ucapkan selamat datang generasi…..generasi yang sangat dinantikan kehadirannya sebagai ruh baru yang mengalir dalam jasad umat ini, yang di dalam dirinya terdapat mata air kebangkitan dan rahasia peradaban umat.

B.     ARAS IDEALITAS
Komunitas Mahasiswa dan Pemuda Pemerhati Karamabura Dompu Timur yang kemudian disingkat dengan KOMPAK-DT adalah sebuah wadah organisasi yang dirintis oleh pemuda dan mahasiswa yang ada di Desa Karamabura. Latar belakang pemikiran kenapa kemudian KOMPAK-DT didirikan. Mahasiswa dan pemuda merasa khawatir serta melihat dengan analisis intelektualnya terhadap fenomena sosial kemasyaraktan dari hari kehari cukup memprihatinkan, lebih kalau kita cermati pada aspek politik yang nuansanya nonproduktif sehingga sulit diharapkan untuk sama-sama berkiprah membangun Karamabura yang kondusif dan mampu berkompetisi dengan desa-desa tetangga yang ada di Dompu.
Keberadaan KOMPAK-DT diharapkan mampu memberikan sesuatu yang terbaik bagi mahasiswa, pemuda lebih-lebih masyarakat Karamabura pada umumnya dalam menyongsong pembangunan, baik pembangunan infra struktur Desa serta pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam teori perubahan masyarakat primitif menuju masyarakat yang berperadaban atau dikenal masyarakat Madani, langkah awal yang harus dibenahi adalah merubah mainstream atau paradigma berpikir masyarakat tentang arti pentingnya perubahan kearah yang lebih mengacu pada nilai-nilai pembaharuan. Dengan meriver dan beranjak pada teori tersebut maka KOMPAK-DT merasa berkewajiban serta didesak oleh tanggung jawab morilnya sebagai aktor penggerak perubahan di Desa Karamabura segera memposisikan dirinya dalam menggeser pola pikir primitif masyarakat menuju paradigma pembaharuan dalam segala aspek kehidupan.
Satu catatan penting bagi kita semua sebagai aktor yang akan memobilisasi perubahan masyarakat, bahwa sesungguhnya dalam perjalanannya tidaklah semudah seperti yang kita bayanngkan, ibarat taman bunga yang dihiasi permata, tapi sungguh sangat  sulit ibarat jalan penuh onak dan duri yang selalu menghalangi perjalanan kita. Dengan banyaknya halangan dan rintangan yang kita hadapi bukan berarti menjadikan kita putus asa dan tidak bersemangat dalam menyadarkan masyarakat, tetapi justru dengan adanya hambatan tersebut kita jadikan sebagai cambuk yang akan membangkitkan semangat dan darah juang kita dalam menyadarkan masyarakat, tetapi tentunya segala sesuatu berawal dari pribadi kita masing-masing, seperti pola pikir, tindak tanduk, tutur kata yang semestinya kita jaga sehingga kemudian keberadaan kita tidak hanya sebagai aktor perubah tetapi juga sebagai panutan dalam segala lini kehidupan.
Untuk mencapai Visi KOMPAK-DT yang dicita-citakan yaitu Terbinanya Mahasiswa Dan Pemuda Yang Intelek Serta Berakhlak Qarimah Yang Turut Bertanggung Jawab Atas Terwujudnya Tatanan Masyarakat Yang Diridhoi Oleh Allah SWT. Tentunya kita tidak hanya bisa menyusun wacana konseptual serta bersilat lidah mengumandangkan syahwat-syahwat retorika belaka, tetapi apa yang kemudian  mejadi konsep dan wacana serta ide cemerlang kita, kita aktualisasikan dalam bentuk kerja nyata yang sifatnya produktif dengan harapan masyarakat bisa sadar dan segera mempolakan kehidupannya kearah yang lebih baik.

C.    ARAS REALITAS

Adalah sebuah ungkapan yang sangat fenomenal Manusia Hanya Bisa Berencana Tapi Tuhan Yang Menentukan ”. ungkapan tersebut memberikan isyarat kepada kita bahwa segala sesuatu itu tidak akan menjadi sebuah kenyataan kalau sekiranya Tuhan belum menghendakinya. Dalam konteks kepengurusan KOMPAK-DT, kami selaku pengurus mengakui akan kekurangan kami dalam mengemban amanah sebagai pengurus KOMPAK-DT periode 2008/2010, mulai dari awal perintisan organisasi sampai dipenghujung akhir kepengurusan kami terdapat banyak hal yang kami canangkan tapi belum sempat kami lakukan karna ada beberapa alasan yang cukup argumentatif sehingga kami terhalang untuk melaksanakan sebagaimana mestinya, seperti kurangnya kesadaran kolektif mahasiswa, minimnya sarana dan prasarana yang akan menyokong suksesnya kegiatan, partisipasi masyarakat yang belum maksimal, penjadwalan hari libur disetiap kampus yang berbeda sehingga mengakibatkan tidak maksimalnya kegiatan yang dilaksankan, serta alasan-alasan lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.
Tampa mengabaikan kekurangan kami dalam mengemban amanah sebagai pengurus KOMPAK-DT, kamipun merasa perluh untuk menyebutkan beberapa program pembenahan organisasi, baik pembenahan internal maupun membenahan eksternal organisasi yang kesemuanya itu adalah merupakan sumbangsih riil yang bisa kami lakukan di tengah kesibukan akademik yang selalu menghimpit keseharian kami. Dari awal perintisan kami mencoba menyusun struktur organisasi, penertiban administrasi, konsolidasi internal KOMPAK-DT, deklarasi organisasi dengan mengundang seluruh elemen masyarakat antara lain pemerintah desa, toko agama, toko masyarakat, toko pemuda yang di anggap mampu merepresentasikan seluruh masyarakat Karamabura, dan beberapa kegiatan lain yang menjurus kearah religius, edukasi, pembelajaran politik positif  (polical will) yang nantinya kami coba eksplorasikan dalam subbab tersendiri dalam lembaran berikut.
Program Kerja
Pembenahan  internal Organisasi
1.            Penertiban Organisasi
2.            Optimalisasi peran dan fungsi bidang-bidang (job direction)
3.            Menciptakan KOMPAK-DT sebagai wahana intelektual dengan   mengedepankan/memprioritaskan program-program yang berorientasi edukatif intelektualitas.
4.            Menempatkan orang-orang yang duduk dalam kepengurusan sesuai dengan potensi yang dimilikinya (the righ man on the righ place)
5.            Melakukan rapat konsolidasi internal sebagai ajang pembenahan organisasi
6.            Melakukan rapat evaluasi setiap pasca kegiatan.
7.            Mengadakan kegiatan sosial budaya dan keagamaan dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah desa
Eksternal Organisasi
1.            Membangun hubungan dengan organisasi mahasiswa/non mahasiswa yang ada di Kabupaten Dompu dengan memperhatikan amanat AD/ART organisasi
2.            Pencitraan organisasi dengan membangun opini lewat media massa. Terutama dalam menyoroti berbagai fenomena yang terjadi, baik fenomena yang ada di Desa Karamabura maupun fenomena dalam stup ke-Dompu-an, dengan tetap mengedepankan aturan organisasi (lewat mekanisme rapat harian atau pleno organisasi).
3.            Mensinergikan hubungan dengan masyarakat, Pemerintah Desa, Pemerintah Kab Dompu dalam hal pembangunan, baik pembangunan yang bersifat fisikly maupun pembagunan sumber daya manusia potensial.
Program Kerja Terlaksana
Program kerja yang terlaksana mulai dari awal perintisan sampai dipenghujung akhir kepengurusan kami periode 2008/2010 M, sebagai berikut:
1.            Penyusunan srtuktur organisasi KOMPAK-DT
2.            Penertiban administrasi organisasi
3.            Deklarasi organisasi di awal perintisan
4.            Memfasilitasi tempat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha dengan koordinasi BKM
  1. Kegiatan keagamaan yang berupa gema ramadhan yang religius disetiap bulan suci Ramadhan.
  2. Dialog terbuka dengan seluruh elemen masyarakat Karamabura 
  3. Melakukan refresing bersama dengan seluruh rekan-rekan mahasiswa dan pemuda yang terkafer dalam KOMPAK-DT sebagai ajang mempererat tali persaudaraan terhadap sesama.
  4. Memenuhi undangan dari organisasi kemahasiswa/non organisasi kemahasiswaan.

D.    PENUTUP

Demikian laporan pertanggung jawaban pengurus Komunitas Mahasiswa dan Pemuda Pemerhati Karamabura Dompu Timur (KOMPAK-DT) periode 2008/2010. Kami sadar dalam masa kepengurusan kami banyak hal yang belum kami perbuat secara maksimal, karna kami adalah manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan. Dan kami berharap dengan terpilihnya kepengurusan KOMPAK-DT yang akan mampu memberikan nuansa baru bagi prospek kemajuan KOMPAK-DT yang lebih baik kedepan. Kami berharap Laporan pertanggung jawaban (LPJ) kami selaku pengurus KOMPAK-DT periode 2008-2010 bisa menjadi bahan pertimbangan kita bersama. Terima kasih………….
Billahi fi sabilil haq…..Fastabikul khoirot….
Wassalamu alaikum Wr..Wb…..
Dompu: 08 september 2010 M
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
PENGURUS KOMPAK-DT
Periode 2008/2010 M


K I S M A N


Tidak ada komentar:

Posting Komentar