Minggu, 03 November 2013

Silabus MSI



MATA KULIAH : METODOLOGI STUDI ISLAM
PROGRAM SARJANA/STRATA SATU (S-1)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITU
DOSEN: KISMAN S.Pd, M.Pd,I

A. Informasi Umum

Nama Mata Kuliah : Metodologi Studi Islam
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : S-1
Bobot : 2 SKS

B. Deskripsi

Dalam rangka mewujudkan kecintaan dan keyakinan manusia terhadap Islam yang tidak hanya bersifat normatif, dan bukan pula karena emosional semata-mata karena didukung oleh argumentasi yang bersifat rasional, kultural dan aktual, maka studi terhadap misi ajaran Islam secara komprehensif dinilai sangat urgen. Studi Islam juga dapat membuktikan kepada umat manusia bahwa Islam baik secara normatif maupun secara kultural dan rasional adalah ajaran yang dapat membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik, tanpa harus mengganggu keyakinan agama Islam. Selain itu, studi Islam juga dapat menumbuhkan sikap objektif dan akan menghilangkan citra negatif dari sebagian masyarakat terhadap ajaran Islam.

Mata Kuliah Metodologi Studi Islam (MSI) merupakan mata kuliah untuk program studi S-1 di Fakultas pendidikan islam pada sekolah tinggi ilmu agama islam al amin. Dalam perkuliahan matakuliah ini mahasiswa akan diarahkan pada cara memahami Islam, baik Islam sebagai agama, budaya dan ilmu. Islam sebagai agama menjadi pandangan hidup, sedangkan sebagai budaya Islam jadi gejala sosial yang muncul sebagai jawaban kritis masyarakat. Selain itu, Islam sebagai ilmu sangat menarik untuk dikaji dengan berbagai pendekatan, metode dan kajian ilmiyah lainnya.

Hal ini tentu harus dipahami secara betul oleh para mahasiswa karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam kajian Islam sangat beragam. Implikasi dari keragaman ini adalah adanya warna-warni dalam berislam yang dilakukan oleh pengikutnya. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap keragaman pendekatan dan metode perlu dipelajari dengan baik.

C. Tujuan Mata Kuliah

1. Memberikan pemahaman holistik, universal dan inklusif terhadap Islam
2. Memberikan kerangka metodologis dalam memahami Islam

D. Pokok Bahasan

1. Penelitian agama dan Model-Modelnya
a. Penelitian dan Penelitian Agama
b. Penelitian Agama dan Penelitian Keagamaan
c. Konstruksi Teori Penelitian Keagamaan
d. Model-Model Penelitian Keagamaan

2. Islam dan Agama-Agama
a. Islam dalam Wacana Agama-Agama
b. Signifikansi Studi Islam
c. Pertumbuhan Studi Islam di Dunia

3. Islam dan Kebudayaan
a. Kebudayaan: Pengertian Unsur dan Fungsi
b. Islam dan Kebudayaan Islami
c. Islam dan Kebudayaan Arab Pra-Islam.

4. Peranan Islam dalam Kehidupan manusia
a. Hubungan Tauhid Dengan Ilmu Pengetahuan
b. Paradigma Ilmu-Ilmu Islami
c. Ilmu Eksakta di Tangan Umat Islam
d.Sains Dunia Islam Masa Kini

5. Al-qur,an sebagai Sumber Agama Islam
a. Fungsi Al-Qur’an
b. Al-Qur’an sebagai Firman Allah
c. Hubungan Al-Qur’an dengan Hadits, Ijma’ dan Qiyas
d. Pendekatan Pokok dalam Studi Al-Qur’an


6. Hadist sebagai Sumber Ajaran Islam
a. Beberapa Istilah Seputar Hadist
b. Posisi dan Fungsi Hadist
c. Sejarah dan Kodifikasi Hadist
d. Unsur-Unsur Hadist

7. Ijtihad sebagai Sumber Ajaran Islam
a. Pengertian Ijtihad
b. Dasar-Dasar Ijtihad
c. Syarat-Syarat Mujtahid
d. Lapangan Ijtihad (Majal Al Ijtihad)
e. Hukum Ijtihad
f. Ijtihad Nabi SAW
g. Ijtihad Sumber Dinamika

8. Doktrin Kepercayaan Dalam Islam
a. Iman kepada Allah
b. Kemustahilan Menemukan Zat Allah
c. Argument Keberadaan Allah
d. Iman kepada Malaikat, Kitab, dan Rasul Allah


9. Sejarah Islam
a. Fase-Fase Sejarah Islam
b. Islam Periode Klasik
c. Islam Periode Pertengahan (1250-1800)
d. Islam Periode Modern (1800-sekarang)

10. Dimensi dan Aliran Pemikiran Islam
a. Dimensi Islam, Iman dan Ihsan
b. Munculnya Aliran Pemikiran Islam
c. Aliran Teologi (Kalam)
d. Aliran Fiqh
e. Aliran Tasawwuf

11. Reaksi Pemikiran Islam terhadap Globalisasi
a. Tradisionalis
b. Modernis
c. Revivalis-Fundamentalis
d. Transformatif


12. Islam, Moral, dan Kemanusiaan.
a. Islam dan Moral
   a. Tujuan Muhammad diutus
   b. Akhlak Islami
b. Islam dan Kemanusiaan
   a. Kedudukan Manusia
   b. Tugas Manusia
   c. Manusia sebagai Khalifah

13. Keluarga dan Masyarakat
a. Keluarga sebagai Pondasi Masyarakat
b. Musyawarah dan Tolong Menolong
c. Hubungan Silaturahim

14. Islam dan Gagasan Universal
a. Islam dan Globalisasi
b. Modernisme dan Puritanisme Islam
c. Gerakan Fundamentalisme dan Radikalisme Islam
d. Islam: Eksklusif dan Inklusif
e. Islamisasi Sains
f. Pluralisme Agama-Agama

15. Dinamika Islam Kontemporer
a. Post Modernisme dan Neomodernisme Islam
b. Islam Liberal
c. Islam Kultural dan Islam Struktural
d. Postradisionalisme Islam
e. Jihad dan Terorisme

E. Referensi Pokok

• Abd. Rachman Assegaf, Studi Islam Kontekstual.
• Abdur Razak, Cara memahami Islam.
• Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Logos, 1998.
• Ahmad Abdul Hamid Ghurab, Menyingkap Tabir Orientalisme, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993.
• Ahmad Norma Permata, Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
• Ahmad Sahidin, Aliran-Aliran dalam Islam, Bandung: Salamadani, 2009.
• Alfatun Muchtar. Tunduk Kepada Allah: Fungsi dan Peran Agama dalam Kehidupan Manusia.
• Ali Syari’ati, Sosiologi Islam.
• Alwi Sihab, Islam Inklusif; Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung, Mizan 1999.
• Amin Abdullah, Studi Agama;Normatifitas dan Historisitas
• Atang Abd Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam: Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet XI, 2009.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Carl Brokelman, History of the Islamic People, London, Routledge & Keagen Paul Limited, 1949.
• Fazlur Rahman, Islam
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
• Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.
• M. Amin Abdullah, Islamic Studies. Pustaka Pekajar: Yogyakarta
• M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normatifitas atau Historisitas?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
• M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
• M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tinjauan Antardisiplin Ilmu.
• Marsahl G. Hudgson, The Ventura or Islam, Vol.III, New York, The Unwim University Chicago Press, 1974.
• Maryam Jamilah, Islam dan Orientalisme, Sebuah Kajian Analitik, Terj. Machnun Husein, Jakarta: Rajawalipers, 1994.
• Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980
• Muh. Nur Hakim, Metodologi Studi Islam
• Muhaimin et., Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994.
• Muhammad Atho` Muzhar, Metode Pendekatan dalam Studi Islam.
• Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam
• Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
• Mulyanto Sumardi, (ed.), Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.
• Munawi Sadzali, Islam dan Tatanegara
• Muyoo Sumardi, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran
• Narudin Razak, Dienul Islam, Bandung, PT. Ma’arif,1996
• Nasikun, Pokok-pokok Agama Islam.
• Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina,1992.
• Peter Connolly (Ed), Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LKiS, cet II, 2009.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
• W. Mongemory Watt, Pengantar Studi Al Qur’an
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.

F. Sistem Perkuliahan

1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.

2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara individu. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dapat dibuat oleh perwakilan kelompok.

3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Individu I
• Membuat makalah dengan format tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 10 halaman font times new roman spasi 1,5, kertas A 4. Refensi yang digunakan dalam penyusunan makalah minimal 5 buku serta diperbolehkan menggunakan referensi yang di akses di internet dengan mencantumkan alamat situsnya
• Dikumpulkan 3 hari sebelum presentasi
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: kismandompu@gmail.com.• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa.

b. Tugas Individu II
• Membuat resensi/sinopsis, resume kitab/buku terbitan tahun 2000-2009
• Judul/tema buku berisi tentang kajian-kajian keislaman
• Tugas dikerjakan secara individu
• Resensi/sinopsis, resume kitab/buku diketik minimal 5 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa.

G. Sistem Evaluasi

Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10%
b. Tugas Individu 10%
c. Keaktifan Perkuliahan (Diskusi)10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%



MATA KULIAH : METODOLOGI STUDI ISLAM
PROGRAM SARJANA/STRATA SATU (S-1)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITU
DOSEN: KISMAN S.Pd, M.Pd,I

A. Informasi Umum

Nama Mata Kuliah : Metodologi Studi Islam
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : S-1
Bobot : 2 SKS

B. Deskripsi

Dalam rangka mewujudkan kecintaan dan keyakinan manusia terhadap Islam yang tidak hanya bersifat normatif, dan bukan pula karena emosional semata-mata karena didukung oleh argumentasi yang bersifat rasional, kultural dan aktual, maka studi terhadap misi ajaran Islam secara komprehensif dinilai sangat urgen. Studi Islam juga dapat membuktikan kepada umat manusia bahwa Islam baik secara normatif maupun secara kultural dan rasional adalah ajaran yang dapat membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik, tanpa harus mengganggu keyakinan agama Islam. Selain itu, studi Islam juga dapat menumbuhkan sikap objektif dan akan menghilangkan citra negatif dari sebagian masyarakat terhadap ajaran Islam.

Mata Kuliah Metodologi Studi Islam (MSI) merupakan mata kuliah untuk program studi S-1 di Fakultas pendidikan islam pada sekolah tinggi ilmu agama islam al amin. Dalam perkuliahan matakuliah ini mahasiswa akan diarahkan pada cara memahami Islam, baik Islam sebagai agama, budaya dan ilmu. Islam sebagai agama menjadi pandangan hidup, sedangkan sebagai budaya Islam jadi gejala sosial yang muncul sebagai jawaban kritis masyarakat. Selain itu, Islam sebagai ilmu sangat menarik untuk dikaji dengan berbagai pendekatan, metode dan kajian ilmiyah lainnya.

Hal ini tentu harus dipahami secara betul oleh para mahasiswa karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam kajian Islam sangat beragam. Implikasi dari keragaman ini adalah adanya warna-warni dalam berislam yang dilakukan oleh pengikutnya. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap keragaman pendekatan dan metode perlu dipelajari dengan baik.

C. Tujuan Mata Kuliah

1. Memberikan pemahaman holistik, universal dan inklusif terhadap Islam
2. Memberikan kerangka metodologis dalam memahami Islam

D. Pokok Bahasan

1. Penelitian agama dan Model-Modelnya
a. Penelitian dan Penelitian Agama
b. Penelitian Agama dan Penelitian Keagamaan
c. Konstruksi Teori Penelitian Keagamaan
d. Model-Model Penelitian Keagamaan

2. Islam dan Agama-Agama
a. Islam dalam Wacana Agama-Agama
b. Signifikansi Studi Islam
c. Pertumbuhan Studi Islam di Dunia

3. Islam dan Kebudayaan
a. Kebudayaan: Pengertian Unsur dan Fungsi
b. Islam dan Kebudayaan Islami
c. Islam dan Kebudayaan Arab Pra-Islam.

4. Peranan Islam dalam Kehidupan manusia
a. Hubungan Tauhid Dengan Ilmu Pengetahuan
b. Paradigma Ilmu-Ilmu Islami
c. Ilmu Eksakta di Tangan Umat Islam
d.Sains Dunia Islam Masa Kini

5. Al-qur,an sebagai Sumber Agama Islam
a. Fungsi Al-Qur’an
b. Al-Qur’an sebagai Firman Allah
c. Hubungan Al-Qur’an dengan Hadits, Ijma’ dan Qiyas
d. Pendekatan Pokok dalam Studi Al-Qur’an


6. Hadist sebagai Sumber Ajaran Islam
a. Beberapa Istilah Seputar Hadist
b. Posisi dan Fungsi Hadist
c. Sejarah dan Kodifikasi Hadist
d. Unsur-Unsur Hadist

7. Ijtihad sebagai Sumber Ajaran Islam
a. Pengertian Ijtihad
b. Dasar-Dasar Ijtihad
c. Syarat-Syarat Mujtahid
d. Lapangan Ijtihad (Majal Al Ijtihad)
e. Hukum Ijtihad
f. Ijtihad Nabi SAW
g. Ijtihad Sumber Dinamika

8. Doktrin Kepercayaan Dalam Islam
a. Iman kepada Allah
b. Kemustahilan Menemukan Zat Allah
c. Argument Keberadaan Allah
d. Iman kepada Malaikat, Kitab, dan Rasul Allah


9. Sejarah Islam
a. Fase-Fase Sejarah Islam
b. Islam Periode Klasik
c. Islam Periode Pertengahan (1250-1800)
d. Islam Periode Modern (1800-sekarang)

10. Dimensi dan Aliran Pemikiran Islam
a. Dimensi Islam, Iman dan Ihsan
b. Munculnya Aliran Pemikiran Islam
c. Aliran Teologi (Kalam)
d. Aliran Fiqh
e. Aliran Tasawwuf

11. Reaksi Pemikiran Islam terhadap Globalisasi
a. Tradisionalis
b. Modernis
c. Revivalis-Fundamentalis
d. Transformatif


12. Islam, Moral, dan Kemanusiaan.
a. Islam dan Moral
   a. Tujuan Muhammad diutus
   b. Akhlak Islami
b. Islam dan Kemanusiaan
   a. Kedudukan Manusia
   b. Tugas Manusia
   c. Manusia sebagai Khalifah

13. Keluarga dan Masyarakat
a. Keluarga sebagai Pondasi Masyarakat
b. Musyawarah dan Tolong Menolong
c. Hubungan Silaturahim

14. Islam dan Gagasan Universal
a. Islam dan Globalisasi
b. Modernisme dan Puritanisme Islam
c. Gerakan Fundamentalisme dan Radikalisme Islam
d. Islam: Eksklusif dan Inklusif
e. Islamisasi Sains
f. Pluralisme Agama-Agama

15. Dinamika Islam Kontemporer
a. Post Modernisme dan Neomodernisme Islam
b. Islam Liberal
c. Islam Kultural dan Islam Struktural
d. Postradisionalisme Islam
e. Jihad dan Terorisme

E. Referensi Pokok

• Abd. Rachman Assegaf, Studi Islam Kontekstual.
• Abdur Razak, Cara memahami Islam.
• Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Logos, 1998.
• Ahmad Abdul Hamid Ghurab, Menyingkap Tabir Orientalisme, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993.
• Ahmad Norma Permata, Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
• Ahmad Sahidin, Aliran-Aliran dalam Islam, Bandung: Salamadani, 2009.
• Alfatun Muchtar. Tunduk Kepada Allah: Fungsi dan Peran Agama dalam Kehidupan Manusia.
• Ali Syari’ati, Sosiologi Islam.
• Alwi Sihab, Islam Inklusif; Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung, Mizan 1999.
• Amin Abdullah, Studi Agama;Normatifitas dan Historisitas
• Atang Abd Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam: Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet XI, 2009.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Carl Brokelman, History of the Islamic People, London, Routledge & Keagen Paul Limited, 1949.
• Fazlur Rahman, Islam
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
• Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.
• M. Amin Abdullah, Islamic Studies. Pustaka Pekajar: Yogyakarta
• M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normatifitas atau Historisitas?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
• M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
• M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tinjauan Antardisiplin Ilmu.
• Marsahl G. Hudgson, The Ventura or Islam, Vol.III, New York, The Unwim University Chicago Press, 1974.
• Maryam Jamilah, Islam dan Orientalisme, Sebuah Kajian Analitik, Terj. Machnun Husein, Jakarta: Rajawalipers, 1994.
• Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980
• Muh. Nur Hakim, Metodologi Studi Islam
• Muhaimin et., Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994.
• Muhammad Atho` Muzhar, Metode Pendekatan dalam Studi Islam.
• Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam
• Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
• Mulyanto Sumardi, (ed.), Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.
• Munawi Sadzali, Islam dan Tatanegara
• Muyoo Sumardi, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran
• Narudin Razak, Dienul Islam, Bandung, PT. Ma’arif,1996
• Nasikun, Pokok-pokok Agama Islam.
• Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina,1992.
• Peter Connolly (Ed), Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LKiS, cet II, 2009.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
• W. Mongemory Watt, Pengantar Studi Al Qur’an
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.

F. Sistem Perkuliahan

1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.

2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara individu. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dapat dibuat oleh perwakilan kelompok.

3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Individu I
• Membuat makalah dengan format tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 10 halaman font times new roman spasi 1,5, kertas A 4. Refensi yang digunakan dalam penyusunan makalah minimal 5 buku serta diperbolehkan menggunakan referensi yang di akses di internet dengan mencantumkan alamat situsnya
• Dikumpulkan 3 hari sebelum presentasi
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: kismandompu@gmail.com.• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa.

b. Tugas Individu II
• Membuat resensi/sinopsis, resume kitab/buku terbitan tahun 2000-2009
• Judul/tema buku berisi tentang kajian-kajian keislaman
• Tugas dikerjakan secara individu
• Resensi/sinopsis, resume kitab/buku diketik minimal 5 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa.

G. Sistem Evaluasi

Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10%
b. Tugas Individu 10%
c. Keaktifan Perkuliahan (Diskusi)10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%



MATA KULIAH : METODOLOGI STUDI ISLAM
PROGRAM SARJANA/STRATA SATU (S-1)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITU
DOSEN: KISMAN S.Pd, M.Pd,I

A. Informasi Umum

Nama Mata Kuliah : Metodologi Studi Islam
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : S-1
Bobot : 2 SKS

B. Deskripsi

Dalam rangka mewujudkan kecintaan dan keyakinan manusia terhadap Islam yang tidak hanya bersifat normatif, dan bukan pula karena emosional semata-mata karena didukung oleh argumentasi yang bersifat rasional, kultural dan aktual, maka studi terhadap misi ajaran Islam secara komprehensif dinilai sangat urgen. Studi Islam juga dapat membuktikan kepada umat manusia bahwa Islam baik secara normatif maupun secara kultural dan rasional adalah ajaran yang dapat membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik, tanpa harus mengganggu keyakinan agama Islam. Selain itu, studi Islam juga dapat menumbuhkan sikap objektif dan akan menghilangkan citra negatif dari sebagian masyarakat terhadap ajaran Islam.

Mata Kuliah Metodologi Studi Islam (MSI) merupakan mata kuliah untuk program studi S-1 di Fakultas pendidikan islam pada sekolah tinggi ilmu agama islam al amin. Dalam perkuliahan matakuliah ini mahasiswa akan diarahkan pada cara memahami Islam, baik Islam sebagai agama, budaya dan ilmu. Islam sebagai agama menjadi pandangan hidup, sedangkan sebagai budaya Islam jadi gejala sosial yang muncul sebagai jawaban kritis masyarakat. Selain itu, Islam sebagai ilmu sangat menarik untuk dikaji dengan berbagai pendekatan, metode dan kajian ilmiyah lainnya.

Hal ini tentu harus dipahami secara betul oleh para mahasiswa karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam kajian Islam sangat beragam. Implikasi dari keragaman ini adalah adanya warna-warni dalam berislam yang dilakukan oleh pengikutnya. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap keragaman pendekatan dan metode perlu dipelajari dengan baik.

C. Tujuan Mata Kuliah

1. Memberikan pemahaman holistik, universal dan inklusif terhadap Islam
2. Memberikan kerangka metodologis dalam memahami Islam

D. Pokok Bahasan

1. Penelitian agama dan Model-Modelnya
a. Penelitian dan Penelitian Agama
b. Penelitian Agama dan Penelitian Keagamaan
c. Konstruksi Teori Penelitian Keagamaan
d. Model-Model Penelitian Keagamaan

2. Islam dan Agama-Agama
a. Islam dalam Wacana Agama-Agama
b. Signifikansi Studi Islam
c. Pertumbuhan Studi Islam di Dunia

3. Islam dan Kebudayaan
a. Kebudayaan: Pengertian Unsur dan Fungsi
b. Islam dan Kebudayaan Islami
c. Islam dan Kebudayaan Arab Pra-Islam.

4. Peranan Islam dalam Kehidupan manusia
a. Hubungan Tauhid Dengan Ilmu Pengetahuan
b. Paradigma Ilmu-Ilmu Islami
c. Ilmu Eksakta di Tangan Umat Islam
d.Sains Dunia Islam Masa Kini

5. Al-qur,an sebagai Sumber Agama Islam
a. Fungsi Al-Qur’an
b. Al-Qur’an sebagai Firman Allah
c. Hubungan Al-Qur’an dengan Hadits, Ijma’ dan Qiyas
d. Pendekatan Pokok dalam Studi Al-Qur’an


6. Hadist sebagai Sumber Ajaran Islam
a. Beberapa Istilah Seputar Hadist
b. Posisi dan Fungsi Hadist
c. Sejarah dan Kodifikasi Hadist
d. Unsur-Unsur Hadist

7. Ijtihad sebagai Sumber Ajaran Islam
a. Pengertian Ijtihad
b. Dasar-Dasar Ijtihad
c. Syarat-Syarat Mujtahid
d. Lapangan Ijtihad (Majal Al Ijtihad)
e. Hukum Ijtihad
f. Ijtihad Nabi SAW
g. Ijtihad Sumber Dinamika

8. Doktrin Kepercayaan Dalam Islam
a. Iman kepada Allah
b. Kemustahilan Menemukan Zat Allah
c. Argument Keberadaan Allah
d. Iman kepada Malaikat, Kitab, dan Rasul Allah


9. Sejarah Islam
a. Fase-Fase Sejarah Islam
b. Islam Periode Klasik
c. Islam Periode Pertengahan (1250-1800)
d. Islam Periode Modern (1800-sekarang)

10. Dimensi dan Aliran Pemikiran Islam
a. Dimensi Islam, Iman dan Ihsan
b. Munculnya Aliran Pemikiran Islam
c. Aliran Teologi (Kalam)
d. Aliran Fiqh
e. Aliran Tasawwuf

11. Reaksi Pemikiran Islam terhadap Globalisasi
a. Tradisionalis
b. Modernis
c. Revivalis-Fundamentalis
d. Transformatif


12. Islam, Moral, dan Kemanusiaan.
a. Islam dan Moral
   a. Tujuan Muhammad diutus
   b. Akhlak Islami
b. Islam dan Kemanusiaan
   a. Kedudukan Manusia
   b. Tugas Manusia
   c. Manusia sebagai Khalifah

13. Keluarga dan Masyarakat
a. Keluarga sebagai Pondasi Masyarakat
b. Musyawarah dan Tolong Menolong
c. Hubungan Silaturahim

14. Islam dan Gagasan Universal
a. Islam dan Globalisasi
b. Modernisme dan Puritanisme Islam
c. Gerakan Fundamentalisme dan Radikalisme Islam
d. Islam: Eksklusif dan Inklusif
e. Islamisasi Sains
f. Pluralisme Agama-Agama

15. Dinamika Islam Kontemporer
a. Post Modernisme dan Neomodernisme Islam
b. Islam Liberal
c. Islam Kultural dan Islam Struktural
d. Postradisionalisme Islam
e. Jihad dan Terorisme

E. Referensi Pokok

• Abd. Rachman Assegaf, Studi Islam Kontekstual.
• Abdur Razak, Cara memahami Islam.
• Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Logos, 1998.
• Ahmad Abdul Hamid Ghurab, Menyingkap Tabir Orientalisme, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993.
• Ahmad Norma Permata, Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
• Ahmad Sahidin, Aliran-Aliran dalam Islam, Bandung: Salamadani, 2009.
• Alfatun Muchtar. Tunduk Kepada Allah: Fungsi dan Peran Agama dalam Kehidupan Manusia.
• Ali Syari’ati, Sosiologi Islam.
• Alwi Sihab, Islam Inklusif; Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung, Mizan 1999.
• Amin Abdullah, Studi Agama;Normatifitas dan Historisitas
• Atang Abd Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam: Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet XI, 2009.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Carl Brokelman, History of the Islamic People, London, Routledge & Keagen Paul Limited, 1949.
• Fazlur Rahman, Islam
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
• Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.
• M. Amin Abdullah, Islamic Studies. Pustaka Pekajar: Yogyakarta
• M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normatifitas atau Historisitas?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
• M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
• M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tinjauan Antardisiplin Ilmu.
• Marsahl G. Hudgson, The Ventura or Islam, Vol.III, New York, The Unwim University Chicago Press, 1974.
• Maryam Jamilah, Islam dan Orientalisme, Sebuah Kajian Analitik, Terj. Machnun Husein, Jakarta: Rajawalipers, 1994.
• Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980
• Muh. Nur Hakim, Metodologi Studi Islam
• Muhaimin et., Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994.
• Muhammad Atho` Muzhar, Metode Pendekatan dalam Studi Islam.
• Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam
• Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
• Mulyanto Sumardi, (ed.), Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.
• Munawi Sadzali, Islam dan Tatanegara
• Muyoo Sumardi, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran
• Narudin Razak, Dienul Islam, Bandung, PT. Ma’arif,1996
• Nasikun, Pokok-pokok Agama Islam.
• Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina,1992.
• Peter Connolly (Ed), Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LKiS, cet II, 2009.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
• W. Mongemory Watt, Pengantar Studi Al Qur’an
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.

F. Sistem Perkuliahan

1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.

2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara individu. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dapat dibuat oleh perwakilan kelompok.

3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Individu I
• Membuat makalah dengan format tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 10 halaman font times new roman spasi 1,5, kertas A 4. Refensi yang digunakan dalam penyusunan makalah minimal 5 buku serta diperbolehkan menggunakan referensi yang di akses di internet dengan mencantumkan alamat situsnya
• Dikumpulkan 3 hari sebelum presentasi
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: kismandompu@gmail.com.• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa.

b. Tugas Individu II
• Membuat resensi/sinopsis, resume kitab/buku terbitan tahun 2000-2009
• Judul/tema buku berisi tentang kajian-kajian keislaman
• Tugas dikerjakan secara individu
• Resensi/sinopsis, resume kitab/buku diketik minimal 5 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa.

G. Sistem Evaluasi

Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10%
b. Tugas Individu 10%
c. Keaktifan Perkuliahan (Diskusi)10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar