Minggu, 03 November 2013

Silabus Studi hadist



SLABUS DAN SAP  ILMU HADIS

A.Silabus


Identifikasi mata Kuliah

Nama mata Kuliah                           : studi Hadist
Kode Mata Kuliah                            : -
Jumlah SKS                                         : 2 sks
Semester                                            :
Kelompok Mata Kuliah  : MKBS
Program Studi/Jurusan : Ilmu Pendidikan Agama Islam/ MKDU
Prasyarat                                             : -
Dosen                                               : Kisman S.Pd. M.Pd.i

Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu  mengetahui objek bahasan ilmu hadis baik secara diroyah maupun secara riwayah.

3.Deskripsi Isi
Perkuliahan ini membahas tentang  bagaimana ilmu hadis  beserta teori-teori di dalamnya membahas hadis baik dilihat dari sisi riwayahnya maupun  dirayahnya. Disampaikan bahwa, seorang ulama hadis akan mengetahui kesahihan suatu hadis jika ia mengukurnya dari  ilmu dirayah hadis. Sedangkan jika ia mengukur dari persoalan problematika periwayatannya, maka ia akan menggunakan ilmu riwayah.

1.       materi perkuliahan
1.       berbagai istilah dan sinonom hadist
a.       pengertian hadist dan sunnah:argument dan perspektif
b.      struktur/unsur-unsur hadist
2.       posisi dan fungsi hadist sebagai sumber ajaran islam
a.       dalil-dalil kehujjahan hadist
b.      fungsi hadist terhadap al-quran
c.       intensitas para ulama menggunakan hadist sebagai sumber hukum
3.       hadis pada masa rasulullah, sahabat, dan era kodifikasi
a.       hadist pada masa rasulullah
b.      hadist pada masa sahabat
c.       kodifikasi hadist
4.       pengertian ilmu hadist, sejarah perkembangan dan cabang-cabangnya
a.       pengertian ilmu hadist
b.      sejarah perkembangan ilmu hadist dan cabang-cabangnya
c.       periodesasi perkembangan ilmu hadist
5.       tahammul wa ada’ al-hadist
a.       pengertian tahamul wa ada’al-hadist
b.      hubungan perowi dengan metode periwayatan yang digunakan
c.       periwayatan hadist oleh anak-anak,orang kafir dan orang fasik
d.      periwayatan hadist secara lafdzi dan ma’nawi
6.       klasifikasi hadist ditinjau dari beberapa aspeknya
a.       hadist ditinjau dari segi bentuknya
b.      klasifikasi hadist berdasrkan sifatnya
c.       hadist ditinjau dari jumlah perowinya
7.       hadist shahih
a.       pengertian hadist shahih
b.      syarat-syarat hadist shahih
8.       hadist mawdu’
a.       pengertian dan sejarah munculnya hadist mawdu’
b.      factor-faktor penyebab munculnya hadist mawdu’
c.       cir-ciri hadist mawdu’
9.       inkar al-sunnah
a.       definisi dan tipologi inkar as-sunnah
b.      sejarah perkembagan inkar as-sunnah
c.       sunnah di kalangan khawarij,syi’ah dan mu’tazilah
d.      argumentasi golongan inkar as-sunnah dan kontroversinya
10.   orientalime dan hadist
a.       pengertian orientalisme
b.      sejarah muncul dan perkembangan orientalisme
c.       berbagai teori dan asumsi orientalisme tentang hadist dan bantahan sarjana muslim
11.   biografi singkat imam perowi hadist
a.       imam malik bin anas (94-179 H)
b.      imam ahmad bin muhammad bin hambal (164-241 H)
c.       imam bukhori (194-256)
d.      imam muslim (202-261)
e.      imam nasa’I (215-303)
f.        abu dawud (202-275)
g.       at-tarmidzi (209-279)
h.      ibn majah (207-273)

        7. Daftar Buku
 Buku Utama/Referensi

Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits, t.t : Dâr al-Fikr, t.th.

Ahmad Hanafi, Theology Islam, Jakarta : Bulan Bintang, cet. Ke-9, 1991.

Abu Lubâbat Husayn,  Mawqif  al-Mu’tazilah min  al-Sunnah al-Nabawiyah,
Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Amin, Ahmad, Fajrul Islam,  Singapura : Sulaiman Mar’I,  n.p., n.d.

Anas, Malik  bin,  al-Muwaththa, Kairo : Isa  al-babi al-halabi,  1951

Azami, M.M,  Memahami Ilmu Hadits, terj.Meth Kieraha, Jakarta : Penerbit Lentera, 1995.
Ahmad Sutarmadi, Al-Imam

SISTEM PERKULIAHAN
1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.

2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah diperbolehkan menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dibuat oleh perwakilan kelompok. Mahasiswa juga diperbolehkan menggunakan metode active learningsesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

3. Resitasi (Tugas)
 a. Tugas Makalah Kelompok
·         Membuat makalah dengan format  tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 15 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan menggunakan 5 buku referensi)—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
·         Dikumpulkan pada  Pertemuan Ketiga kepada Komting dalam bentuk hard copy dan soft file untuk selanjutnya di-layout menjadi BUKU/DIKTAT yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan
·         Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
·         Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy  referensi  buku/kitab yang dijadikan rujukan
·         Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
b. Tugas Slide Power Point
·         Setiap Kelompok diwajibkan membuat slide power point (minimal 5 halaman)
·         Slide power point berisi inti bahan presentasi
·         Dikumpulkan pada  Pertemuan Ketiga kepada Komting dalam bentuk hard copy dan soft file
c. Test Mid Semester dan Akhir Semester
·         Test Mid Semester dilaksanakan sesuai kalender akademik
·         Test Akhir Semester dilaksanakan sesuai kalender akademik
·         Masing-masing soal TTS dan TAS berjumlah lima diambil dari bahan perkuliahan yang telah disampaikan di kelas (baik penjelasan dosen atau hasil presentasi)

H.   SISTEM EVALUASI
Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a.    Kehadiran                                10%
b.    Tugas Kelompok & Individu       10%
c.    Keaktifan dalam Kelas               10%
d.    Ujian Tengah Semester               30%
e.    Ujian Akhir Semester                  40%

1 komentar: