SLABUS DAN
SAP ILMU HADIS
A.Silabus
Identifikasi mata Kuliah
Nama mata Kuliah :
studi Hadist
Kode Mata Kuliah :
-
Jumlah SKS :
2 sks
Semester :
Kelompok Mata Kuliah :
MKBS
Program Studi/Jurusan :
Ilmu Pendidikan Agama Islam/ MKDU
Prasyarat :
-
Dosen : Kisman S.Pd.
M.Pd.i
Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan
mampu mengetahui objek bahasan ilmu
hadis baik secara diroyah maupun secara riwayah.
3.Deskripsi Isi
Perkuliahan ini membahas tentang bagaimana ilmu hadis beserta teori-teori di dalamnya membahas
hadis baik dilihat dari sisi riwayahnya maupun
dirayahnya. Disampaikan bahwa, seorang ulama hadis akan mengetahui
kesahihan suatu hadis jika ia mengukurnya dari
ilmu dirayah hadis. Sedangkan jika ia mengukur dari persoalan
problematika periwayatannya, maka ia akan menggunakan ilmu riwayah.
1.
materi perkuliahan
1.
berbagai istilah dan
sinonom hadist
a.
pengertian hadist dan
sunnah:argument dan perspektif
b.
struktur/unsur-unsur hadist
2.
posisi dan fungsi hadist
sebagai sumber ajaran islam
a.
dalil-dalil kehujjahan
hadist
b.
fungsi hadist terhadap
al-quran
c.
intensitas para ulama
menggunakan hadist sebagai sumber hukum
3.
hadis pada masa rasulullah,
sahabat, dan era kodifikasi
a.
hadist pada masa rasulullah
b.
hadist pada masa sahabat
c.
kodifikasi hadist
4.
pengertian ilmu hadist,
sejarah perkembangan dan cabang-cabangnya
a.
pengertian ilmu hadist
b.
sejarah perkembangan ilmu
hadist dan cabang-cabangnya
c.
periodesasi perkembangan
ilmu hadist
5.
tahammul wa ada’ al-hadist
a.
pengertian tahamul wa
ada’al-hadist
b.
hubungan perowi dengan
metode periwayatan yang digunakan
c.
periwayatan hadist oleh
anak-anak,orang kafir dan orang fasik
d.
periwayatan hadist secara
lafdzi dan ma’nawi
6.
klasifikasi hadist ditinjau
dari beberapa aspeknya
a.
hadist ditinjau dari segi
bentuknya
b.
klasifikasi hadist
berdasrkan sifatnya
c.
hadist ditinjau dari jumlah
perowinya
7.
hadist shahih
a.
pengertian hadist shahih
b.
syarat-syarat hadist shahih
8.
hadist mawdu’
a.
pengertian dan sejarah
munculnya hadist mawdu’
b.
factor-faktor penyebab
munculnya hadist mawdu’
c.
cir-ciri hadist mawdu’
9.
inkar al-sunnah
a.
definisi dan tipologi inkar
as-sunnah
b.
sejarah perkembagan inkar
as-sunnah
c.
sunnah di kalangan
khawarij,syi’ah dan mu’tazilah
d.
argumentasi golongan inkar
as-sunnah dan kontroversinya
10.
orientalime dan hadist
a.
pengertian orientalisme
b.
sejarah muncul dan
perkembangan orientalisme
c.
berbagai teori dan asumsi
orientalisme tentang hadist dan bantahan sarjana muslim
11.
biografi singkat imam
perowi hadist
a.
imam malik bin anas (94-179
H)
b.
imam ahmad bin muhammad bin
hambal (164-241 H)
c.
imam bukhori (194-256)
d.
imam muslim (202-261)
e.
imam nasa’I (215-303)
f.
abu dawud (202-275)
g.
at-tarmidzi (209-279)
h.
ibn majah (207-273)
7. Daftar Buku
Buku Utama/Referensi
Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits,
t.t : Dâr al-Fikr, t.th.
Ahmad Hanafi, Theology Islam, Jakarta : Bulan Bintang, cet. Ke-9, 1991.
Abu Lubâbat Husayn, Mawqif
al-Mu’tazilah min al-Sunnah
al-Nabawiyah,
Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Amin, Ahmad, Fajrul Islam, Singapura : Sulaiman Mar’I, n.p., n.d.
Anas, Malik
bin, al-Muwaththa, Kairo :
Isa al-babi al-halabi, 1951
Azami, M.M, Memahami
Ilmu Hadits, terj.Meth Kieraha, Jakarta
: Penerbit Lentera, 1995.
Ahmad Sutarmadi, Al-Imam
SISTEM
PERKULIAHAN
1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata
kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.
2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara
kelompok. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok
bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah diperbolehkan menggunakan alat
bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang
menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dibuat oleh
perwakilan kelompok. Mahasiswa juga diperbolehkan menggunakan metode active
learningsesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Makalah
Kelompok
· Membuat makalah
dengan format tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 15 halaman
font times new roman spasi 1,5 dengan menggunakan 5 buku referensi)—disertai
dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
· Dikumpulkan
pada Pertemuan Ketiga kepada Komting dalam bentuk hard copy
dan soft file untuk selanjutnya di-layout menjadi BUKU/DIKTAT
yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan
· Makalah
dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
· Pada saat
presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab yang
dijadikan rujukan
· Makalah akan
dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
b. Tugas Slide Power Point
· Setiap Kelompok
diwajibkan membuat slide power point (minimal 5 halaman)
· Slide power
point berisi inti bahan presentasi
· Dikumpulkan
pada Pertemuan Ketiga kepada Komting dalam bentuk hard copy
dan soft file
c. Test Mid Semester dan Akhir Semester
· Test Mid
Semester dilaksanakan sesuai kalender akademik
· Test Akhir
Semester dilaksanakan sesuai kalender akademik
· Masing-masing
soal TTS dan TAS berjumlah lima diambil dari bahan perkuliahan yang telah
disampaikan di kelas (baik penjelasan dosen atau hasil presentasi)
H.
SISTEM EVALUASI
Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen
berikut:
a.
Kehadiran
10%
b. Tugas Kelompok &
Individu 10%
c. Keaktifan dalam Kelas
10%
d. Ujian Tengah Semester
30%
e. Ujian Akhir Semester
40%
mantap artikelnya.
BalasHapusbisnis online terbaru cek www.kiostiket.com